Jalan Siwalankerto 95 Surabaya - Indonesia | Fast Response 031 848 2088

Single Blog Title

This is a single blog caption
21 Jun

7 Tips Memilih Hotel di Bali

hotel-di-bali-300x164Hotel mana yang paling cocok bagi Anda saat berlibur di Bali? Sebenarnya itu soal selera dan soal budget. Setiap orang memiliki persepsinya sendiri mengenai hotel mana yang menurutnya dianggap layak untuk disewa.

Bahkan untuk tarif mahal dan murah itu sendiri relatif bagi setiap orang!

Tips berikut saya rangkum sesuai persepsi orang kebanyakan. Semoga berguna bagi Anda yang hendak menyusun jadwal liburan di Bali.

1. Tidak harus murah

Murah berarti ada yang harus dikorbankan. Jika Anda bukan penyuka renang, maka Anda bisa memilih hotel yang tidak menyediakan fasilitas kolam renang. Ini berarti penghematan, bukan berarti pelit melainkan memilih sesuai kebutuhan. Jika Anda suka renang namun memilih hotel yang tidak menyediakan fasilitas kolam renang, maka hotel tersebut tidak bisa dikatakan murah.

2. Gunakan koneksi

Koneksi paling mudah yakni guide kenalan dari rekan Anda. Bisa juga keluarga Anda yang di Bali. Sudah menjadi tradisi bahwa tuan rumah selalu mendapatkan harga spesial lebih murah dibanding wisatawan. Biasanya harga kamar hotel di agen lokal Bali lebih murah daripada via internet.

3. Ada breakfast?

Makan pagi penting untuk memulai hari, terutama saat berlibur. Ada kalanya semalaman capek mengelilingi keindahan Kota Denpasar sehingga paginya terpaksa bangun agak siang. Kalau sudah begini, tentu malas pergi jauh-jauh hanya untuk mengisi perut bukan? Jika hotel yang dipilih sudah menyediakan menu sarapan pagi secara gratis, Anda akan sangat terbantu.

4. Dekat tempat makan atau oleh-oleh

Mayoritas wisatawan yang berlibur ke Bali selain ingin menikmati wisata pantainya juga ingin menikmati wisata kulinernya. Bisa dibilang, memilih hotel yang dekat dengan tempat makan adalah suatu keharusan.

Namun Anda tak harus memilih hotel di tempat-tempat strategis untuk mendapatkan makanan terkenal di Bali yang enak, Anda bisa memilih penginapan murah di Denpasar misalnya untuk mengicipi berbagai menu baru khas Bali seperti di Be Pasih, Jebak dan Mang Boo si rumah makan spesialis daging kerbau.

Untuk oleh-oleh sendiri, biasanya lokasinya tidak dekat dengan tempat wisata atau tempat makan. Untuk menghemat waktu Anda bisa langsung memesan oleh-oleh khas Bali disini, mudah, cepat dan aman. Bisa dikirim ke hotel juga ya.

5. Lokasi sesuai dengan rencana liburan

Bila Anda tidak berencana untuk menyewa sebuah mobil, sebisa mungkin pilih hotel yang letaknya strategis dan sesuai dengan rencana liburan Anda. Misalnya Anda ingin menikmati liburan di pantai Kuta dan ingin menyusuri jalan sepanjang pantai sembari mampir sejenak ke WaterBoom. Maka pilihan hotel yang tepat adalah di sekitar Legian, Kuta dan yang sedikit agak jauh yakni di daerah Tuban.

Ingin berlibur sambil menikmati banana boat? Berarti Anda bisa memilih hotel di Jimbaran atau Nusa Dua.

Baca Juga: Daftar Tempat Makan di Bali Favorit Wisatawan

6. Pilih hari biasa

Di saat hari biasa atau yang bahasa kerennya disebut low season, harga tiket pesawat menjadi lebih murah. Begitu juga dengan tarif hotel yang jauh lebih rendah daripada hari libur (high season). Bagi Anda penikmat water sport, musim liburan tentu sangat tidak menyenangkan dimana Anda harus mengantre hanya untuk menikmati banana boat misalnya. Biasanya wisatawan tidak boleh ‘nambah’ karena harus berbagi jatah dengan wisatawan lain.

7. Gunakan internet

Browsing untuk memesan tiket hotel pilihan kamu dengan harga paling murah. Atau paling tidak harga bersaing namun Anda tak perlu repot menelepon kesana kemari hanya untuk memesan sebuah kamar di hotel. Anda bisa memanfaatkan Traveloka dan Agoda misalnya yang sering mengadakan promo di hari libur dan hari biasa.

BONUS: Sediakan Plan B

Plan B disini berarti menginap tidak di hotel. Bisa di losmen atau di penginapan milik warga setempat, seperti kost-kostan misalnya. Kost-kostan mungkin bisa jadi pilihan yang menarik. Rumah warga yang disewakan juga sangat menarik untuk dicoba. Selain lebih murah, tentunya Anda bisa berbaur dan mengetahui lebih dekat kehidupan warga Bali yang sesungguhnya. Jika beruntung, Anda akan dijamu oleh si tuan rumah, dengan masakan khas Bali tentunya!

Btw di negara-negara maju, ada layanan publik untuk membooking rumah warga setempat sebagai tempat penginapan dan tempat makan makanan asli warga setempat. Dan biayanya tidak murah! Mereka rela membayar asalkan bisa mencicipi hidangan sang tuan rumah yang dimasak oleh tangan si tuan rumah itu sendiri.

Hotel mana pun yang jadi pilihan Anda, saya ucapkan selamat berlibur dan enjoy Bali :)

Leave a Reply